Panduan Cara Merawat Laptop Agar Awet Digunakan

Panduan Cara Merawat Laptop Agar Awet Digunakan - Laptop adalah barang yang sangat penting bagi kita semua yang hidup di era teknologi yang serba canggih ini. Hampir semua pekerjaan dapat dibantu dengan peran alat teknologi yang semakin canggih dari waktu ke waktu. Dulu komputer sudah menjadi barang yang "wah" sekali, namun seiring perkembangan jaman kini orang-orang sudah melirik ke sesuatu yang ringkas dan nyaman digunakan. Salah satunya adalah Laptop.
Ebook PanduanTeknisi Laptop

Sekarang hampir semua kalangan sangat terbantukan dengan adanya laptop. Pekerjaan menjadi cepat selesai, mulai dari pelajar, guru, pegawai BUMN, pejabat, bahkan Ibu Rumah tanggapun sekarang sudah mulai berkenalan dengan Laptop.

Tapi tahukah Anda, selama ini kita menggunakan dan mengoperasikan Laptop sudah tahukah Anda perawatan Laptop yang baik itu? Bagaimana memperbaiki kerusakan Laptop? Bagaimana mendiagnosa kerusakan laptop secara dini agar tidak terjadi keruskan yang lebih besar?

Dibawah ini saya paparkan beberapa tips bagaimana merawat dan mendiagnosa kerusakan laptop:
  • Hindarkan laptop dari sinar matahari secara langsung. Laptop merupakan barang yang sangat sensitif dan mudah rusak jika terkena sinar matahari secara langsung. Maka dari itu lindungi laptop anda dari paparan sinar matahari. 
  • Gunakan Antivirus terpercaya untuk melindungi Anda dari serangan virus. Rekomendasi saya gunakan Antivirus seperti Avast, Avira, AVG, Kaspersky, dll
  • Jangan letakkan laptop di lantai, sebab resiko laptop terinjak sangat besar dan bisa terkena debu, apalagi jika lantai jarang disapu dan dibersihkan.
  • Jangan letakan laptop di tempat yang permukaannya terlalu empuk. Hal tersebut sangat berbahaya karena sirkulasi udara pada laptop akan terganggu dan menyebabkan laptop akan lebih cepat panas serta dapat merusak bagian prosessor. ini biasanya dilakukan oleh mereka yang ingin menggunakan laptop secara nyantai.
  • Jangan letakan benda apapun diantara keyboard dan layar laptop lalu menutupnya. Resiko layar laptop tergores cukup besar jika anda menyimpan barang apapun antara keyboard dan layar laptop, meskipun barang tersebut adalah kertas.
  • Sebaiknya tidak meletaknan makanan dan minuman maupun benda yang mengandung cairan disekitar laptop. Hal ini sangatlah penting, sebab laptop sangat peka sekali jika terkena bahan yang berbentuk cairan apalagi jika cairan tersebut masuk ke dalam keyboard.
  • Jangan memberikan penutup apapun termasuk sarung laptop pada saat laptop dalam keadaan menyala, sebab akan mengganggu sirkulasi udara pada laptop dan berakibat pada kerusakan prosessor.
  • Hindari getaran dan jauhkan laptop dari alat pengeras suara, seperti loudspeaker, mesin/kendaraan berat dan sumber getaran lainnya.
  • Gunakan tas laptop yang aman. Jika anda membeli tas laptop di toko sebaiknya perhatikan keamanan dari goncangan dan menggunakan gabus pengaman yang cukup baik.
  • Gunakan stabilizer sebagai pengaman terhadap rusaknya hardware yang diakibatkan kondisi listrik yang tidak stabil. Meski menggunakan stabilizer yang standar namun bisa meminimalisir kerusakan hardware pada laptop.
  • Jauhkan laptop dari benda yang mengandung medan magnetik kuat, karena laptop sangat peka terhadap barang yang mengandung daya magnet yang kuat dan dapat merusak kinerja dari laptop tersebut..
  • Hati-hati ketika anda membawa laptop, meski sudah menggunakan tas laptop anda perlu berhati-hati dan sebaiknya tidak menumpuk banyak barang di dalam tas laptop ransel, serta hindari benturan yang cukup keras.
  • Bersihkan laptop secara berkala dan rutin, terutama pada keyboard dan layar monitor. Untuk membersihkan keyboard dianjurkan menggunakan kuas yang halus dan untuk membersihkan layar monitor dianjurkan menggunakan pembersih khusus yang bisa anda temukan di toko komputer.
  • Dan yang paling penting yang perlu saya garis bawahi adalah, Kita jangan hanya menjadi konsumen yang hanya bisa memakai Laptop, tetapi kita juga harus bisa mendiagnosa masalah-masalah yang SERING terjadi pada Laptop kita. percuma dong misalnya sudah Ahli Ms Office, software-software yang lain tetapi jika laptop sendiri bermasalah masih harus ke tempat servis Laptop. Langsung saja download dan pelajari buku panduan belajar mendiagnosa dan memperbaiki kerusakan laptop disini
Demikian artikel Cara Merawat Laptop yang Benar Agar Awet Digunakan. Semoga bermanfaat

No comments for "Panduan Cara Merawat Laptop Agar Awet Digunakan"