Cara Mengatur Booting BIOS dari USB Flashdisk Atau CDROM

Bagaimana Cara Mengatur Booting BIOS dari USB Flashdisk Atau CDROM | Sebelum kita melakukan instalasi OS, misalnya Windows 7 pada sebuah komputer, hal yang perlu diperhatikan adalah langkah booting. Dan tips dan trik komputer untuk kali ini akan mengulas tentang bagaimana mengatur booting BIOS sesuai keinginan kita.

Apakah kita akan menginstal windows 7 dari flashdisk ataukah dari CD/DVD. Jadi kita harus menentukan atau men-setting konfigurasi BIOS pada komputer atau laptop kita, darimana proses booting akan dimulai, menggunakan flashdisk ataukah CD/DVD. Namun, jika hendak boot dari flashdisk,maka sebelumnya kita harus membuat flashdisk tersebut menjadi flashdisk bootable.
Baca Penyebab Komputer Tidak Bisa Booting Dan Tips Cara Mengatasinya

Boot setting ini berada pada BIOS, jadi kita harus masuk ke sistem BIOS terlebih dahulu untuk mangatur urutan bootingnya. Bagi yang yang belum tahu apa itu BIOS.

Ketika usb drive atau flashdisk sudah siap digunakan untuk melakukan instalasi sistem operasi ke dalam komputer, maka langkah selanjutnya yang harus kita lakukan adalah mengarahkan sistem komputer untuk booting pertama ke flashdisk.

Cara Membuat Komputer/laptop Booting dari Flashdisk atau CDROM

Cara settingnya sangat simple, berikut saya sajikan langkah langkah setting secara umum. Harap diingat, tiap komputer berbeda beda tergantung merk BIOS yang digunakan dalam chip motherboardnya.

1.Tancapkan flashdisk yang sudah berisi sistem operasi pada port USB yang tersedia.

2.Reboot/restart komputer anda. Saat layar monitor berwarna hitam tekan tombol 'F2' atau 'Delete' atau "F10" tiap komputer berbeda beda, sesuaikan dengan komputer anda. Sekarang kita masuk ke dalam sistem BIOS.

3.Cari menu yang berhubungan dengan kata boot / booting. lihat contoh gambar di bawah

 Cara Mengatur Booting BIOS dari USB Flashdisk Atau CDROM Cara Booting Komputer Dari Bootable CD atau DVD
4.Dari gambar di atas kita sudah menemukan menu untuk settingnya yaitu "Boot Device Priority". Gunakan tombol panah kanan atau kiri dan tombol enter untuk mengaturnya.

5.Setelah pengaturan boot selesai dan anda sudah memastikan untuk boot pertama ke usb flash drive, selanjutnya tekan tombol F10 untuk menyimpan pengaturan dan merestart komputer.

6.Mohon diingat, settingan BIOS tiap komputer berbeda beda tergantung merk BIOS yang tertanam di dalam motherboard.

Sekarang saya kira anda sudah tahu gambaran Cara Mengatur Booting BIOS dari USB Flashdisk Atau CDROM.Semoga Bermanfaat

No comments for "Cara Mengatur Booting BIOS dari USB Flashdisk Atau CDROM"