Cara Menyembunyikan Folder Super Hidden dengan CMD

Cara Menyembunyikan Folder Super Hidden dengan CMD | Folder yang memiliki attribute system dan hidden biasanya folder khusus yang dimiliki oleh windows. Itulah salah satu cara windows melindungi file dan folder yang sangat penting. Lalu apakah kita sebagai user atau pengguna windows dapat membubuhi attribute system dan hidden pada folder kita seperti halnya folder special windows?
Baca Cara Membuat Nama File dan Folder Unik Aman dari Virus

Untuk menyembunyikan folder dan file yang anda anggap sangat penting dan sangat pribadi. Ada sedikit trik bagi yang suka privacy githu. Pada dasarnya sangat mudah namun bagi pemula kayak saya biasanya agak-agak serem buat kenalan sama apa yang namanya bahasa pemrograman DOS (Command Prompt).

Anda tahu sendiri "Image" yang sudah terbentuk di dalam diri "DOS" yaitu latar belakangnya hitam kelam.he he..pada dasarnya bahasa pemrograman yang berlaku di lingkungan DOS tidak begitu menyeramkan dan menurut saya cukup mudah dipelajari. lho masnya kok sok tau..uppss sebentar jangan komentar dulu, bukannya sok tau tapi berdasarkan kenyataan bahwa semua perintah yang telah terintegrasi pada lingkungan DOS memiliki fasilitas help. sebagai contoh pada perintah "attrib", kalau kita ingin mengetahui fitur-fitur apa saja yang menyertai attrib, maka kita cukup menuliskan "attrib/?" kemudian tekan enter. maka akan muncul bala bantuan yang menerangkan semua tentang attrib.

Oke sekarang bagaimana caranya untuk menyembunyikan folder dengan memanfaatkan bahasa pemrograman DOS? ada yang tahu,,ooowww jangan salah pasti sudah banyak yang tahu. tapi berdasarkan pengalaman saya masih banyak juga yang belum tahu trik ini.

Yang perlu anda persiapkan adalah file atau folder yang ingin anda sembunyikan dan sebuah komputer yang memakai sistem operasi windows tentunya.Sekarang kita mulai.pertama kita musti menghidupkan komputer terlebih dahulu..ini penting bro, kalau komputer kita mati lebih baik kita tidur..iya kagak??
kalau semuanya sudah tampak dan sudah hidup, fokuskan pandangan anda pada menu Start-Run.

Pada kotak dialog Run yang muncul ketik "cmd" tanpa tanda petik.
Cara Menyembunyikan Folder Super Hidden dengan CMD,Trik Membuat File komputer Menjadi Super Hidden tidak terlihat

klik "ok" atau tekan enter. maka akan muncul jendela command prompt seperti di bawah ini
Cara Menyembunyikan Folder Super Hidden dengan CMD,Trik Membuat File komputer Menjadi Super Hidden tidak terlihat

Cari direktori dimana folder atau file yang hendak kita sembunyikan berada. misalnya folder pribadi saya bernama "rahasia" terletak di drive "D" pada direktori "the-xp".
maka hal pertama yang harus anda lakukan adalah pindah drive dari drive "C" ke drive "D" dengan mengetik "D:" tanpa tanda petik kemudian tekan enter. jika langkah yang anda lakukan benar, maka akan tampak seperti dibawah.
Cara Menyembunyikan Folder Super Hidden dengan CMD,Trik Membuat File komputer Menjadi Super Hidden tidak terlihat
Karena folder yang hendak kita sembunyikan (disini saya mengambil contoh folder rahasia) berada pada folder "the-xp" maka kita harus masuk terlebih dahulu ke dalam folder "the-xp". bagaimana caranya???lho kok nanya ciii.. bgini critanya,...he he he..just kidding bro
caranya dengan mengetik "cd" diikuti nama foldernya, untuk lebih jelasnya lihat gambar

Yupss kita sudah berada pada area yang berbahaya bro. folder "rahasia" yang akan kita sembunyikan berada pada area ini. maka trik inti kita yaitu dengan memberi attribut sistem dan hidden atau bahasa gaulnya super hidden pada folder kita. lho kok atributnya harus super hidden seh?? yup pertanyaan bagus, begini ceritanya.. apabila kita memberi attribut sistem dan hidden maka folder tersebut tidak akan bisa terlihat, walaupun dengan cara yang lazim kita lakukan yaitu lewat "tools-folder options-view" kemudian beri tanda pada "Show hidden files and folders",, semua usaha itu sia-sia. folder yang sudah diberi attribut tersebut tidak akan terlihat. super hidden bro...
Command Prompt (CMD) juga bisa untuk Menformat Flashdisk dengan mudah,Mematikan Komputer Secara Otomatis dan Menformat Harddisk

Oke sekarang bagaimana caranya??
kita lanjutkan..tadi kita telah sampai pada area folder "the-xp", sebagai pengingat folder "rahasia" berada pada folder ini. untuk memberikan attribut pada folder "rahasia" caranya cukup ketik "attrib +s +h +r rahasia" kemudian tekan enter. (saya tambahkan attribute +r untuk menambahkan mode read-only pada folder tersebut).lihat gambar dibawah
Cara Menyembunyikan Folder Super Hidden dengan CMD,Trik Membuat File komputer Menjadi Super Hidden tidak terlihat
sekarang coba cari folder "rahasia" di windows explorer..apa yang terjadi??menghilang bukan??
untuk mengembalikan folder "rahasia" menjadi terlihat lagi maka kita cukup mengganti simbol "+" menjadi "-".

Demikian artikel mengenai Cara menyembunyikan Folder Super Hidden dengan CMD.Semoga bermanfaat

1 comment for "Cara Menyembunyikan Folder Super Hidden dengan CMD"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar jika ada pertanyaan atau ada hal yang kurang jelas..

NO SPAM,SARA.PORNO,DAN KOMENTAR KASAR SEJENISNYA TIDAK AKAN DITAMPILKAN !!